Connect with us

Angkat Tema Lokal Kudu Vokal, Preanger Fest Siap Digelar

news

Angkat Tema Lokal Kudu Vokal, Preanger Fest Siap Digelar

Angkat Tema Lokal Kudu Vokal, Preanger Fest Siap Digelar

BANDUNG, acarakita.net – Gelaran bertajuk Preanger Fest siap digelar Sabtu (13/10/2018) dan Minggu (14/10/2018) di Lapangan PPI Pusenif Jalan WR Supratman Kota Bandung. Dengan mengusung tema ‘Lokal Kudu Vokal’ pada gelaran tersebut akan menampilkan lebih dari 40 band di tiga panggung selama dua hari.

Penyelenggara acara, Indradjid Sofwan dari Havas Indonesia mengatakan, acara ini diadakan untuk menjadi wadah musisi dan komunitas di Kota Bandung. “Acara ini juga menjadi jembatan para musisi lintas generasi untuk bertemu, berbagi pengalaman, dan menjalin silaturahmi,” katanya.

Yang unik dari acara ini yakni musisi yang tampil terdiri atas multigenre dan lintas generasi seperti Bimbo, Pemuda Harapan Bangsa, Burgerkill, Mocca, Rocket Rockers, Pure Saturday, Rock N Roll Mafia, Bottlesmokers, Rusa Militan, Oscar Lolang, Parahyena, Sky Sucahyo, Sins of Suns, Themilo, The Groove, dan Under the Big Bright Yellow Sun.

“Jadi, melalui Preanger Fest semua musisi terbaik asal Jawa Barat bisa berkumpul untuk menyuarakan semangat Lokal Kudu Vokal. Tak dapat dimungkiri, Bandung masih menjadi lumbung musisi berbakat,” ujarnya.

Indradjid menyebutkan, proses kurasi musisi yang tampil telah melalui perdebatan penyelenggara yang akhirnya semua mengerucut pada catatan perjalanan musik di Bandung. Misalnya, tidak akan ada HMGN jika tidak ada Pure Saturday.

Sedangkan Pure Saturday juga tidak akan ada kalau Bimbo tak lahir. “Kendalanya hanya keterbatasan waktu dan jadwal. Mudah-mudahan Preanger Fest tidak berhenti di sini. Tahun depan kalau ada lagi, line up musisinya pasti berbeda,” kata Indradjid.

Ia berharap, Preanger Fest memberi efek yang besar untuk musik dan industri kreatif di Bandung, serta Jawa Barat. Lewat festival musik ini, penyelenggara ingin mendorong pemerintah daerah agar membuat arena khusus yang representatif untuk pertunjukan musik. “Inginnya gerak Bandung menjadi kota kreatif tidak pernah berhenti. Apalagi kontribusi komunitas juga luar biasa,” ujarnya.

Delapan Band Terpilih
Pada Preanger Fest, selain band dari Bandung, akan tampil juga band dari sejumlah daerah di Jawa Barat. Bersama Warkop Musik dan Otong Koil sebagai kurator, Havas Indonesia menerima lebih dari 300 karya musik yang akhirnya terpilih delapan band yakni Lair dari Cirebon, Markamerah (Tasikmalaya), 20th Century (Sukabumi), Glamsglory (Garut), Loner Lunar (Jatinangor), Freak (Bandung, Turks & Caicos (Bogor), serta Suar & Temaram (Sukabumi).

Salah satu penampil, Aska dari Rocket Rockers menyebutkan, Preanger Fest yang mempertemukan musisi lintas generasi itu membuat Rocket Rockers bisa banyak belajar. Misalnya ke Bimbo bisa tanya, pendengar musik di usia mereka lagi menyukai lagu seperti apa. Begitu juga dengan band yang lebih muda, jadi tahu musik yang terbaru dan inovatif sekarang seperti apa.

Menurut Aska, dengan diadakannya festival musik berskala besar ini, regenerasi di dunia musik bisa tercipta. “Kami ingin mengikuti zaman tapi tetap dengan benang merah musik Rocket Rockers. Festival ini juga menjadi wadah untuk mengetahui tujuan para musisi Bandung mau ke mana,” katanya.

Untuk tampil di Preanger Fest, Rocket Rockers menyiapkan aksi khusus. Selain kostum yang tak biasa, mereka juga sedang meracik aransemen yang kental dengan unsur tradisional Sunda. “Kami baru merilis single, judulnya ‘Reaksi Rasa’. Kemungkinan besar akan dibawakan di Preanger Fest nanti,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in news

Advertisement

To Top
Chat Me!