Connect with us

Kolaborasi Dua Culture Musik Berjalan Sempurna

review

Kolaborasi Dua Culture Musik Berjalan Sempurna

Photo by Lij Imam

Kolaborasi Dua Culture Musik Berjalan Sempurna

BATURRADEN, acarakita.net – Kolaborasi apik antara instrumental jazz asal Prancis, Ozma dan kelompok calung Kencana Laras di Caping Park Baturraden, Rabu (21/11/2018) malam berjalan sempurna. Ratusan penonton yang hadir pun nampak antusias menyaksikan dua kelompok musik beda culture tersebut.

Event garapan Spektakel.ID yang berkolaborasi dengan Heartcorner Collective dan Caping Park Baturraden ini menjadi awalan dari gelaran yang spektakuler selanjutnya.

Founder dan CEO Spektakel.ID, Dimas Jayasrana mengatakan, kalau di Yogyakarta ada jazz yang dikolaborasikan dengan gamelan, disini juga bisa jazz dengan calung Banyumas dimana ini merupakan proyek residensi yang merupakan bagian dari misi Spektakel untuk jadikan Banyumas sebagai destinasi dari program seni budaya kelas dunia.

“Ini untuk kolaborasi dengan pelaku seni tradisional dan kontemporer Banyumas serta mengadakan pertunjukan disini untuk tidak sekedar menghasilkan karya yang luar biasa, tapi lebih menitik beratkan pada proses kreatif kolaborasi kedua budaya yang berbeda,” katanya.

Menurutnya, kolaborasi ini ibarat menyuguhkan menu tradisional kraca dengan escargot khas Prancis, atau mencampurkan wine dengan ciu dimana konser ini menyuguhkan irama rancak calung Banyumas akan bersua nada jazzy modern berbungkus elektronik. “Ini juga didukung oleh Institut Prancis di Indonesia, Kedutaan Besar Prancis, dan Tsong Dao Production selaku agensi Ozma,” ujarnya.

Sebelum performa kolaborasi dari kelompok calung Banyumas Kencana Laras dan Ozma, pertunjukan yang dimulai sekitar pukul 20.00 WIB dibuka oleh penampilan dari unit reggae Purwokerto, Jhony Freedom yang sedang mempersiapkan album keduanya.

Beberapa lagu dialbum pertamanya, Introspeksi dibawakan Jhony Freedom ditengah dinginnya suhu Baturraden yang khas. Namun suhu dingin mulai memudar dan berubah jadi hangat saat saru persatu lagu mulai dibawakan Jhony Freedom seperti Salam Juang dan beberapa lagu lainnya. “Kami bangga bisa tampil disini dan semoga nantinya kami juga bisa tampil di Prancis,” kata vokalis Jhony Freedom, Raggild dari atas panggung.

Usai menyelesaikan tugasnya, acara yang dipandu oleh Afton Brewok sebagai master of ceremony (MC) mulai memanggil kelompok calung Kencana Laras dan Ozma untuk prepare. Setelah itu, dimulai dengan penampilan Kencana Laras selama kurang lebih 3 lagu dan dilanjutkan dengan kolaborasi yang menjadi inti dari acara.

Kolaborasi yang sedang dilakukan dua kelompok musik berbeda culture tersebut membuat penonton mulai mengabadikan, baik dengan kamera profesional maupun kamera handphone. Antusiasme penonton membuat performa Kencana Laras featuring Ozma semakin ekspresif, tidak jarang masing-masing menunjukan kebolehan yang dimiliki, terbukti diakhir kolaborasi dari pemain kendangnya bersolo memainkan kendangnya diikuti tepuk tangan dan sorak sorai penonton.

“Kolaborasi dengan Ozma itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena tinggal main saja, susahnya karena tidak tahu apa yang mereka bicarakan,” kata ketua kelompok calung Banyumas Kencana Laras, Agus Priyanto kepada wartawan usai pertunjukan.

Terkait kolaborasi, ia menjelaskan kerap kali dilakukan dan belum lama ini juga melakukan kolaborasi dengan culture berbeda yakni dengan barongsai. “Jadi tidak kaget kalau ditanya tentang kolaborasi, apalagi dua hari latihan saya rasa cukup. Intinya sama dan yang membedakan hanya dengan siapa kita berkolaborasi,” ujarnya.

Setelah beberapa lagu dibawakan dengan berkolaborasi, kedua kelompok musik turun panggung dan dilanjutkan obrolan serta games dari Afton Brewok untuk memperebutkan official merchandise dari Ozma.

Tidak lama kemudian performa dilanjutkan oleh Ozma tanpa kolaborasi dengan beberapa lagu hingga berakhir sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Ozma mengaku senang bisa tampil di Caping Park Baturraden dengan background lampu kota yang indah denga suasana dingin khas pegunungan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in review

Advertisement

To Top
Chat Me!