#MenolakLuka

PURWOKERTO, acarakita.net – Pameran eksibisi bertajuk #MenolakLuka akan digarap oleh Heartcorner Collective pada 14 hingga 16 Februari 2019 mendatang. Gelaran tersebut sebagai perayaan ‘hari kasih sayang’ terhadap Purwokerto sebagai kota kenangan dengan cara berbeda.

Penggagas acara, Wiman Rizkidarajat mengatakan, acara ini disebut juga dengan pameran patah hati yang menyuguhkan narasi tentang Purwokerto sebagai kota kenangan dimana barang milik mantan merupakan simbolisasi ingatan tentang Kota Mendoan. “Silakan bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut,” katanya.

Cukup setorkan barang milik mantan melalui Kedai Singgah yang berada di Jalan Riyanto Nomor 29 Sumampir, Purwokerto. Barang yang disetorkan bisa berupa boneka, bantal, sarung, gantungan kunci, atau pernik apapun. “Nantinya setelah dikurasi, akan dipajang di lokasi pameran yakni Stue Coffee and Coworking Space, Jatiwinangun, Purwokerto,” ujarnya.

Menurutnya, setiap benda yang disetorkan harus menyertakan sedikit cerita kenangan yang ada pada barang tersebut dan hasilnya akan diseleksi oleh Heartcorner serta menjadi materi pameran. Keunikan dari event ini adalah munculnya ‘ruang kesedihan’ dari pengumpulan memori kolektif yang ada pada benda pameran.

Waktu pameran pun hanya dibatasi dua jam, dari pukul 19.00 hingga 21.00 WIB dan pameran hari pertama dibuka dengan pengguntingan logo hati secara simbolis. “Kami ingin membuktikan, bahwa manusia juga dibentuk dari air mata,” kata dia.

Sementara itu pegiat Heartcorner Collective, Kemal Fuad Ramadhan mengatakan, pameran eksebisi ini merupakan ruang ekspresi sekaligus merayakan narasi kesedihan secara bersama-sama yang rencananya akan digelar rutin setiap tahun dengan tema dan narasi berbeda.

“Dimomen ini, kami meresmikan pendirian Dewan Kesedihan Banyumas sebagai ruang yang mengakomodir masyarakat kesedihan. Jadi, kami ingin mencoba sesuatu yang baru, tidak melulu menggarap event konser musik saja,” katanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

advertisement







cari eventmu disini
× Chat Me!