Connect with us

Parade Monolog Teater JAB

seni budaya

Parade Monolog Teater JAB

Parade Monolog Teater JAB

YOGYAKARTA, acarakita.net – Pertunjukan bertajuk Parade Monolog Teater JAB dengan tema Asa Suang Selangkah Juang akan digelar Sabtu (22/12/2018) di Basement Kampus II Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Untuk menyaksikan acara yang didukung penuh oleh acarakita.net ini, harga tiket sebesar Rp 10.000 diberlakukan untuk presale dengan menghubungi nomor 083863850857 atas nama Wulandari, sedangkan Rp 12.000 untuk pembelian tiket saat acara berlangsung. Informasi lebih lanjut mengenai ini juga bisa pantau akun @teaterjab_uad di instagram.

Gelaran tersebut sebagai bukti eksistensi dan kreatifitasnya dalam berbagai pementasan, dimana Teater Jaringan Anak Bangsa (JAB) merupakan salah satu dari beberapa kelompok teater yang ada di UAD Yogyakarta, yang berdiri dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS PBSI).

Didirikan pada 29 Juli 2001 dengan pentas perdana Suminten Edan, teater ini merupakan metamorfosis dari Teater Gress yang berganti menjadi JAB untuk memantapkan kinerja dan manajemen.

Pada tahun 2004 hingga 2005, Teater JAB sempat mengalami kevakuman aktivitas pementasan dimana setelah Pentas Produksi Drama Kelas Semester V (PPDKS V) dengan judul Sepasang Mata Indah, Teater JAB sempat tidak melakukan produksi. Awal 2006, Teater JAB berproses kembali dengan berbagai aktivitas yang diawali dengan proses musikalisasi puisi, kemudian beranjak ke pementasan-pementasan teater.

Sinopsis :

Topeng Bob Sulaiman
Karya & Sutradara : Rizki Ramadhani
Aktor : Dzaki Muhammad Fadhiil
Tidak cukup dengan harta yang berlimpah, jabatan dan kekuasaanlah yang paling dicari oleh seorang pejabat yang bernama Bob Sulaiman. Berbagai cara dilakukannya untuk menempati posisi tertinggi, janji banyak dilontarkan sana-sini, namun janji hanya menjadi pemanis saja, hingga akhirnya banyak warga yang berdemo menuntut janji-janji yang pernah dijanjikan.

Wina, istri Bob pun merasa malu dengan apa yang dilakukan suaminya. Akhirnya, ia berniat untuk mengajukan surat permohonan cerai, namun tindakan itu justru membawa mala petaka baginya.

Ustaz Yulianto
Karya & Sutradara : Farid Arifin
Aktor : Maulana Aziz Syafi’i
Adaptasi : Cerpen Rumah Yang Terbakar karya Kuntowijoyo
Manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang paling mulia di antara makhluk Tuhan lainnya. Manusia memiliki keistimewaan karena memiliki akal dan pikiran, tidak seperti binatang yang hanya mempunyai naluri. Meskipun begitu, manusia juga tidak lepas dari dosa, buah dari hal-hal buruk yang manusia lakukan.

Hal-hal buruk itulah yang membuat Ustaz Yulianto sangat resah dengan keadaan desa tempat ia tinggal dan mengabdi. Desa itu dipenuhi dengan kemaksiatan, akhlak yang bobrok, dan kepicikan. Niat baiknya untuk mengubah desa itu menjadi lebik baik, justru membawanya pada pola pikir yang membuat orang mudah saja bertindak tanpa berpikir ulang dan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan.

Eksperimen Moral
Karya & Sutradara : Ridho Iqbal Subariansyah
Aktor : Aditia Kurniawan
Adaptasi : Cerpen Eksperimen Moral karya TB Rahardjo
Setiap manusia diciptakan dengan hawa nafsu dan ego masing-masing, tinggal bagaimana ia menjaga dan mengontrol hawa nafsu serta ego tersebut. Seseorang tidak bisa menyalahkan hawa nafsu dan egonya karena ia sendiri yang bisa mengendalikannya.

Sekalipun ia mengabdi sebagai tenaga pengajar yang mengajarkan moral, tetapi apakah ajaran moral tesebut sudah bersepakat dengan hawa nafsu dan ego kepribadian yang dimilikinya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in seni budaya

  • seni budaya

    Flying Cow

    By

    YOGYAKARTA, acarakita.net – Kelompok tari De Stitle akan tampil di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta pada...

  • seni budaya

    Pentas Produksi : Caya Harja Mahitala

    By

    PURWOKERTO, acarakita.net – Datang dan nikmati pentas produksi Bezper Production berjudul Caya Harja Mahitala yang akan...

  • seni budaya

    A Tribute To Soetedja

    By

    PURWOKERTO, acarakita.net – Banyak cerita tentang R Soetedja yang mungkin belum diketahui banyak orang, dan itu...

  • seni budaya

    Fever 2K18

    By

    PURWOKERTO, acarakita.net – Setelah hiatus panjang atau vakum, Festival of English Culture 2018 (Fever 2K18) kembali...

  • seni budaya

    Jaya Kawijayan

    By

    MALANG, acarakita.net – Ajak semua orang yang kalian kenal untuk datang ke Brawijaya Economic Choir ‘Jaya...

Advertisement

To Top
Chat Me!