Connect with us

Semedulur Hadirkan Navicula dan Semiotika Jadi Bintang Tamu

review

Semedulur Hadirkan Navicula dan Semiotika Jadi Bintang Tamu

Photo by Lij Imam

Semedulur Hadirkan Navicula dan Semiotika Jadi Bintang Tamu

PURWOKERTO, acarakita.net – Event bertajuk Road to Soundrenaline ‘The Soul of Expression’ #Semedulur terselenggara di Kopi Kebon Purwokerto, Selasa (31/7/2018) lalu dengan menghadirkan Navicula dan Semiotika sebagai bintang tamu utama.

Tidak hanya pertunjukan musik dari band asal Bali dan Jambi saja, karena disitu juga ada sharing session dari Siasat Partikelir, Ruru Radio, dan juga Rasamala Film yang menjadikan Purwokerto titik kesekian dari tournya di berbagai kota untuk menyapa Go A Head People.

Selain dari performa dua band utama juga ada performa band Purwokerto sebagai tuan rumah, yakni Assalova, Bryan and the Juno, Funky Monkey, dan Maisie yang masing-masing memiliki genre musik berbeda satu sama lain.

“Senang sekali akhirnya Navicula yang full band bisa ke Purwokerto setelah beberapa kali gagal berkunjung, banyak cerita yang sudah saya dapat dari yang lain tentang Purwokerto dan ternyata memang disini istimewa,” kata vokalis Navicula, Robi kepada acarakita.net belum lama ini.

Ruang yang tidak terlalu besar disulap menjadi panggung minimalis yang membuat venue sangat cocok untuk sebuah gigs, dan disitulah Navicula menghibur pengunjung yang sengaja menyaksikan performa band grunge asal Bali tersebut. Beberapa lagu yang dibawakan bahkan banyak dihafal pengunjung yang rela membayar Rp 20.000 untuk menyaksikan pertunjukan.

Jalannya Acara.
Dari sekitar pukul 15.00 WIB dibuka oleh Reno sebagai master of ceremony (MC) menyapa dan memperkenalkan apa saja yang bisa dinikmati di acara tersebut. Rilisan fisik yang digelar oleh Demajors Purwokerto dan Heartcorner Records memberikan pemandangan tersendiri sebelum memasuki venue.

Tidak ketinggalan juga dengan official merchandise dari Navicula yang bisa didapat dengan harga terjangkau. Memasuki tempat pertunjukan, sharing session mulai dilakukan dengan menghadirkan pembicara dari Siasat Partikelir, Ruru Radio, dan Rasamala Film.

Dalam sharing session tersebut disampaikan masalah apa saja yang biasa terjadi dalam sebuah komunitas serta bagaimana penyelesaiannya. Materi tersebut yang memang menjadi tujuan dari Soundrenaline yang melibatkan komunitas diseluruh Indonesia, tidak terkecuali Purwokerto yang memang menjadi salah satu kota tujuan ‘pemberangkatan’ Soundrenaline.

Setelah berjalan beberapa waktu hingga akhirnya break maghrib, dan dilanjutkan kembali sekitar pukul 19.30 WIB dengan performa dari Semiotika. Band instrumental yang beranggotakan Bibing pada gitar, Riri pada bass, dan Gembol pada drum mendapat apresiasi luar biasa dari pengunjung.

Sekitar 7 lagu instrumental ciptaan mereka sendiri dibawakan dengan sangat apik diakhiri dengan tepuk tangan penonton. Kemudian, duo ayah dan anak yang menyebut Assalova dengan pop jazzy naik panggung yang dinikmati pengunjung dengan duduk.

Yang ditunggu tiba, Navicula dan penonton langsung menuju depan panggung untuk mencari posisi senyaman mungkin untuk moshing. Tidak menunggu lama, saat lagu pertama dibawakan langsung ada penonton yang diangkat tanpa henti satu persatu menikmati pertunjukan.

“Yang saya tahu, di Purwokerto tidak pernah ada kerusuhan antar suku atau agama dan saya sangat menyukai itu. Karena bumi terlalu besar untuk satu suku dan surga juga terlalu besar untuk satu agama,” kata Robi dari atas panggung.

Satu persatu lagu tentang alam yang khas dari Navicula dibawakan diiringi moshing dan backsound penonton hingga selesai dengan penuh keringat. Sampai akhirnya, ruang transit yang digunakan Navicula untuk beristirahat pun dipenuhi penonton yang ingin sekedar berfoto dan Navicula melayani dengan penuh suka cita.

Usai performa dari Navicula, secara bergantian Bryan and the Juno, Funky Monkey, dan Maisie performa menutup pertunjukan yang sudah terlanjut berkeringat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in review

Advertisement

To Top
Chat Me!