Connect with us

Strategi Membuat Event Menurut Pemilik Zigma Communication

artikel

Strategi Membuat Event Menurut Pemilik Zigma Communication

Strategi Membuat Event Menurut Pemilik Zigma Communication

PURWOKERTO, acarakita.net – Untuk mewujudkan kesuksesan sebuah event merupakan sebuah kerjakeras yang membutuhkan konsep yang jelas dan terarah. Beberapa tahapan harus dilakukan supaya event yang sudah direncanakan tersebut akhirnya membuahkan hasil yang maksimal dan sesuai keinginan.

Pemilik Zigma Communication, M Deny Arifianto mengatakan, membuat sebuah event yang berkualitas itu memerlukan kesiapan segala hal. “Konsep yang jelas dan terarah menjadi hal utama supaya event tersebut bisa berjalan sesuai target yang diinginkan,” katanya kepada acarakita.net belum lama ini.

Konsep tersebut, menurut Deny haruslah yang menarik dan juga kreatif serta kritis dengan apa yang sedang ramai disekitar kita, baik lokal, nasional, maupun global. “Setelah tema tercipta, kita harus berani beda dengan yang lain dan pastinya menarik,” ujarnya.

Bagaimanapun, eksperimen perlu dilakukan untuk memperoleh hasil yang berbeda dan bahkan bila perlu yakni dengan melakukan sesuai yang mungkin belum pernah dibayangkan orang. Karena itulah, kreatifitas sangat diperlukan dalam membuat sebuah event dan karena itulah pembuat event harus memiliki ide kreatif.

Apalagi bila sudah terjun kedalam dunia event organizer (EO) maka membuat acara yang biasa saja sebaiknya jangan dilakukan, dan alangkah baiknya bila event yang dibuat tersebut membuat kenangan tersendiri dari para penikmat event. Dari konsep itulah semua rancangan event dibuat.

Deny menjelaskan, setelah konsep yang kreatif terbentuk sebaiknya tuangkan konsep dalam suatu rancangan tertulis bersama tim untuk event yang akan dibuatnya tersebut. Bersama tim yang sudah ada dapat lebih dalam membicarakan dengan seksama beserta aturan mainnya.

Untuk pembuat acara seperti kampus atau sekolah, sangat dianjurkan untuk menentukan pihak yang akan terlibat dalam event yang akan dibuat dan juga menentukan daftar tujuan kemana proposal akan disebar luaskan dengan tepat. “Sebaiknya follow up terus proposalnya dan berikan batas waktu kepada calon sponsor,” katanya.

Yang terkadang dianggap mudah adalah pihak lain seperti supplier, pengisi acara, konfirmasi tempat pertunjukan dan atribut lain seperti perijinan, keamanan, dan lain sebagainya sebaiknya disegerakan lalu buat kontrak kepada semua pihak dan lakukan technical meeting dengan seluruh pengisi dan pendukung acara.

Konferensi pers terkadang perlu dilakukan, tergantung dari masing-masing pembuat event yang kemudian publikasi dari event tersebut ke masyarakat luas dan lakukan loading serta eksekusi.

Untuk melakukan eksekusi event yang signifikan, pemilihan orang berpotensi dan sesuai dengan posisi yang akan dilakukan dalam event sangat dianjurkan, seperti stage manager, perlengkapan, dokumentasi, konsumsi, dan lainnya. Pemilihan supplier yang signifikan dan berkualitas juga sangat diperlukan.

Rundown yang dibuat juga sebaiknya tidak ada putusnya serta tetap mengalir dan tepat waktu, konsep event juga harus sesuai dengan apa yang telat dipresentasikan sejak awal kepada klien, termasuk announce produk atau ucapan terimakasih.

Menjaga keamanan dan ketertiban event juga menjadi hal utama untuk menghindari kerusuhan atau sejenisnya yang dapat berakibat kepada event selanjutnya. “Libatkan banyak media cetak, elektronik, maupun online untuk meliput event yang kita buat dan itu yang kadang tidak diperhatikan,” ujar Deny.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in artikel

  • artikel

    Tahun Baru Semangat Baru

    By

    PURWOKERTO, acarakita.net – Tidak terasa 2018 sudah terlewati dan banyak sudah event ditahun tersebut yang dilaksanakan...

Advertisement

To Top
Chat Me!