Connect with us

Uji Kompetensi, Sembilan Siswa Tampil Di Final Concert 2018

review

Uji Kompetensi, Sembilan Siswa Tampil Di Final Concert 2018

Uji Kompetensi, Sembilan Siswa Tampil Di Final Concert 2018

PURWOKERTO, acarakita.net – Sembilan siswa jurusan musik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Banyumas tampil dalam Final Concert 2018 di panggung Taman Budaya Soetedja Purwokerto, Senin (26/2/2018) malam dalam rangka uji kompetensi keahlian.

Seluruh penampil menunjukan aksinya dua kali dengan memainkan alat musik dan juga menyanyikan lagu. Empat anak yakni Rizkiawan Bagas Saputra, Rizal Efendi, Enjelita Maharani, dan Lucky Juftinda Nauval memainkan piano yang kesemuanya bawakan lagu klasik.

Sedangkan Irgi Al Fauzan dan Bayu Kurniawan memainkan gitar klasik, serta untuk gitar bass dimainkan oleh Ilham Nurcahya. Dua drummer yakni Rendy Prayoga dan Cendikya Jamaludin tampil dengan masing-masing lagu berbeda.

Kepala Program Studi Musik SMKN 3, Kusmini mengatakan, acara uji kompetensi itu dilakukan secara rutin untuk menguji kemampuan nyata siswa. “Biasanya agenda itu dilaksanakan di lingkungan sekolah, tapi kali ini diluar dan dipilih gedung kesenian, sekaligus untuk sosialisasi,” katanya kepada wartawan.

Mengenai kompetensi, ia menjelaskan lulusan mampu menjadi musisi yang siap bersaing di industri musik. Mereka juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, atau menjadi guru privat. Selain itu, para siswa juga diberi bekal tentang event organizer (EO). “Banyumas selalu melahirkan musisi berbakat dan kami mereka inilah calon penerus musisi yang ada,” ujarnya.

Jurusan musik dibuka 2009, menerima siswa dari eks Karesidenan Banyumas ditambah Kebumen. Disitu, siswa diberi kemampuan memainkan semua alat musik band lengkap, digital piano, gitar klasik, alat musik tiup dan gesek. Pengajarnya sendiri berasal dari alumni Institut Seni Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sosialisasi keberadaan sekolah itu dilakukan dengan festival band pelajar, publikasi ke SMP, tampil di Banyumas Ekspo, pementasa hasil praktik kerja di kafe-kafe dan mengisi acara kedinasan dan komersial. Jurusan musik berkapasitas 10 hingga 15 siswa perkelas, dengan daya tampung tiga rombongan belajar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in review

Advertisement

To Top
Chat Me!