Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Hadirkan JKT48 dan D'Masiv, Artfest Garapan HMJM Unsoed Purwokerto Angkat Tema Go Green

RASANYA tentu menyenangkan bila menyaksikan konser artis idola bersama teman-teman, setidaknya itulah yang dirasakan ribuan penonton Artfest...

RASANYA tentu menyenangkan bila menyaksikan konser artis idola bersama teman-teman, setidaknya itulah yang dirasakan ribuan penonton Artfest yang dilaksanakan Sabtu (21/10/2023) lalu di GOR Satria Purwokerto. Kehadiran bintang tamu D'Masiv dan JKT48 tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang didominasi oleh remaja belasan tahun.

Menariknya, acara tahunan yang menyisakan pengalaman dalam sebuah festival musik mengangkat tema Go Green dalam pegelarannya. Tema tersebut diaplikasikan dengan meminimalisir sampah yang berserakan dalam venue pertunjukan, dimana dalam setiap acara yang digelar di tempat tersebut selalu menyisakan sampah.

Pengaplikasian tema tersebut dibarengi kerjasama pihak penyelenggara dengan Yoben yang merupakan platform layanan kebersihan dari Purwokerto.

Selain menghadirkan dua bintang tamu yakni D'Masiv dan JKT48, event garapan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Managemen (HMJM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ini juga menghadirkan beberapa talenta lokal yang cukup menghibur di satu panggung besar dan satu panggung kecil.

Ishowma dan Ningrat menjadi penampil di Art Stage yang merupakan panggung utama, sementara untuk M Stage yang merupakan mini stage dipercayakan sepenuhnya kepada Cultism. Selain itu, sesi bincang-bincang di mini stage tersebut pun dihadirkan narasumber Ir Achmad Husein dan Djeimy Kusnaman dari Yoben dengan tema Go Green : Zero Waste for Better Future pada sore hari hingga menjelang break maghrib.


Memasuki waktu jeda break maghrib, Ishowma yang merupakan akronim dari Insya Alloh Shownya Mantap tengah bersiap. Project karaoke bersama dari Dion Agungs ini tampil tepat setelah jeda maghrib yang pada pertunjukan kali ini mengajak vokalis cantik, Vanessa yang mengenakan pakaian Supergirl tampil hingga break isya.

Tidak terlalu lama, langganan juara festival band di Purwokerto bernama Ningrat Band mengisi Art Stage dengan beberapa tembang hits membuat penonton yang berada di kelas Festival dan VIP turut bernyanyi hingga kurang lebih 30 menit lamanya.

Waktu jeda antar band di Art Stage memang dibiarkan kosong yang digunakan untuk setting panggung penampil selanjutnya, namun venue tidak sunyi dan saat jeda di panggung utama dimanfaatkan aksi Cultism di mini stage, dan penampilan Cultism di mini stage untuk mengisi jeda pertunjukan Art Stage tidak lebih dari 15 menit.

Panggung utama kembali bergemuruh, bintang tamu pertama segera tampil dan tengah bersiap semua personil D'Masiv yang memasuki panggung pertunjukan satu persatu. Cinta Sampai Disini menjadi lagu pembuka diikuti beberapa lagu lain seperti Semakin, Natural, dan Pergilah Dulu.

Senang sekali bisa ke Purwokerto lagi, dan kami baru saja kembali dari tour Eropa terus langsung ke Purwokerto," kata Ryan dari atas panggung, dilanjutkan lagu berbahasa Inggris mereka berjudul Side by Side.

Dibeberapa jeda lagu, Ryan sedikit menyampaikan tentang lagu yang akan dibawakan, tidak terkecuali lagu Merindukanmu dan juga Diantara Kalian. Usai lagu yang disebut kedua tadi, Ryan mengajak penonton untuk memungut sampah yang ada didekatnya lalu secara terus menerus mengulurkan ke sebelahnya dan berujung ke trash bag yang sudah disediakan pihak penyelenggara.

Untuk menurunkan tempo, lagu Jangan Menyerah dihadirkan yang dilanjutkan dengan Diam Tanpa Kata serta ditutup lagu Cinta Ini Membunuhku. Setelah penampilan D'Masiv berakhir, secara bergantian semua personil pamitan sambil menyapa penonton.

Berakhirnya penampilan D'Masiv para penonton mulai meneriaki penampil berikutnya, yakni JKT48 yang kali ini hanya menghadirkan 10 member yakni Oniel, Christy, Gracia, Fiony, Lulu, Lia, Callie, Raisha, Freya, dan Flora.

Meski begitu, penonton tetap antusias dan siapapun member JKT48 yang hadir dipastikan memiliki fans yang militan. Videotron panggung mulai menampilkan bumper video dan tentu saja diikuti oleh mereka para fans fanatik yang sudah sedari lama menunggu kehadiran mereka di Purwokerto.

Satu persatu member masuk dan langsung tampil dengan lagu pertamanya berjudul Everyday, Kachuusha. Teriakan penonton tanpa henti, apalagi saat member JKT48 mulai menyapa penonton yang sudah rela menunggu sedari sore, dan tanpa menunggu lama Seventeen menjadi lagu kedua di panggung Artfest.

Sebanyak 8 lagu dibawakan grup idola tersebut mulai dari Eureka Milik Kita, Hissatsu Teleport, Apakah Kau Melihat Mentari Senja?, First Rabbit, Fortune Cookie Yang Mencinta, dan ditutup dengan Heavy Rotation.

Berakhirnya penampilan JKT48 bukan sebagai penanda berakhirnya acara Artfest garapan HMJM Unsoed Purwokerto. Sebagai pemuncak acara, Cultism mengajak kelompok Kara Art Koe untuk sing along tembang-tembang hits di mini stage hingga selesai.