Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Ombags Bersama Trah Hadirkan Lagu Nusantara

LAGU berjudul Nusantara dihadirkan Bagus Danar Dhana atau akrab disapa Ombags bersama Trah, yang tidak lain adalah sebuah wadah kolaborasi b...

LAGU berjudul Nusantara dihadirkan Bagus Danar Dhana atau akrab disapa Ombags bersama Trah, yang tidak lain adalah sebuah wadah kolaborasi bagi para seniman, musisi, produser dan songwriter yang memiliki rasa cinta yang besar terhadap Indonesia.

Meski baru dirilis, sejatinya lagu tersebut sudah ditulis sebelum bergerak bersama Trah. Ombags sendiri sudah pernah ikut dalam kolaborasi bersama Trah di music video Untuk Indonesia Raya bersama musisi lainnya seperti Guruh Soekarno Putra, Ipang Lazuardi, Iman J-Rocks dan masih banyak lagi.


Dalam karya keempatnya bertajuk Nusantara ini, Trah menyajikan rasa baru dengan pesan yang begitu mendalam, bersyukur atas kekayaan yang bangsa Indonesia miliki.

Ditulis dan dinyanyikan langsung oleh Ombags dan berkolaborasi dengan musisi-musisi seperti Cita Rahayu, sebagai vocal duet Ombags dalam lagu ini.

Untuk proses rekamannya kali ini, dikawal dan diproduseri oleh Hasan Nasution yang merupakan putra dari Debby Nasution," kata Ombags dalam keterangan tertulisnya.

Ia menambahkan, selain itu juga melibatkan rekannya Wildan Ryanda (Pranala) untuk mengisi ukulele. Ronald Viandra yang sudah terlibat dalam project Trah - Pancasila (2022) sebagai session player untuk showcase Trah, kali ini berperan sebagai music director.

Sebelumnya, bahkan Ronald sudah menjadi music director bagi banyak musisi-musisi di industri musik tanah air. Salah satunya adalah solo single project dari Bagus Dhanar Dana berjudul Gak Punya Duit pada 2023 lalu.

Ada juga Reza Jozef Patty atau yang lebih dikenal sebagai Rejoz yang dilibatkan dalam proses rekaman Nusantara. Rejoz mengisi Percussion sejak awal proses rekaman yang dimulai diawal 2023. Perkusi menjadi salah satu instrumen kunci dalam tema musik Trah kali ini; musik rakyat.

Swara Wimayoga (J-Rocks), menjadi musisi terakhir yang mengisi dalam proses rekaman Nusantara. Wima adalah salah satu founders yang menginisiasi berdirinya Trah di 2020. Seperi halnya J-Rocks, Wima juga mengisi bass dalam proses rekaman Trah.

Mahardhika Soekarno kembali terlibat dalam karya terbaru ini. Meskipun tema musik Trah kali ini lebih tradisional dan merakyat, namun sebagai arranger, sentuhan khas Mahardhika masih menjadi salah satu karakter yang memperkuat cetak biru Trah. Isian Key & Synthesizer dari Mahardhika kembali menjadi benang merah aransemen musiknya.

Sena Samino (Isvara Orchestra) kembali dilibatkan 45 Movement Records untuk mengisi Strings di dalam aransemen Nusantara. Sebelumnya musisi asal Jogjakarta ini sudah beberapa kali dilibatkan dalam proses produksi rekaman album musisi-musisi lain dalam 45 Movement Records, salah satunya dalam album terbaru Cita Rahayu.

Proses rekaman Nusantara kali tidak akan lengkap tanpa peran telinga-telinga emas dibalik ruang rekam 45 Movement Records yang mengawal dari awal proses rekaman hingga hasil akhir. Arga berperan dalam proses rekam hingga proses mixing.

Sementara Wawaz berperan dalam proses akhir mastering-nya. Dalam movement kali ini, Trah juga melibatkan penyanyi anak-anak demi membangun rasa cinta terhadap tanah air sejak usia dini. Mereka adalah Muhammad Zubayr Al-hawary, Satria Aryan Dana, Maheswari Kirana Rinjani dan Alya Putri.

Para Trah muda ini begitu menjiwai dan sangat bersemangat saat dilibatkan dalam proses rekaman hingga video musiknya.