Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Festival Film Pertama di Banyumas Bertajuk Year of Sun Sinema Akan Segera Digelar

SEBANYAK 9 film terbaik bersiap menuju penjurian Festival Film Nasional Year of Sun Sinema garapan Sun Sinema pada Senin (5/8/2026) mendatan...

SEBANYAK 9 film terbaik bersiap menuju penjurian Festival Film Nasional Year of Sun Sinema garapan Sun Sinema pada Senin (5/8/2026) mendatang. Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat batas pengumpulan film hingga Minggu (5/8/2024) malam.


Untuk tema yang diambil, disampaikan Fadhiel Miqdad sebagai Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sun Sinema Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yakni Membuka Tabir Budaya Melalui Sinematografi.

Itu bertujuan untuk mengeksplorasi dan mempromosikan kekayaan budaya melalui karya sinematografi," kata dia dalam pertemuan bersama media, Rabu (31/7/2024) siang.

Ia mengklaim bahwa festival film nasional ini yang pertama dilakukan di Purwokerto oleh jenjang perkuliahan. Karena itulah, pihaknya ingin maksimal dilakukan dengan melibatkan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk urusan penjurian pun, ditegaskan Fadhiel menghadirkan tokoh film terkemuka yakni Agung Setray yang merupakan produser film terkemuka yang sudah tidak diragukan lagi reputasinya dalam industri film nasional.

Year of the Sun Sinema akan semakin meriah dengan diundangnya sekolah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat untuk hadir dalam awarding pada Selasa (6/8/2024) mendatang di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP.

Untuk peserta pun tidak hanya kompetisi, tapi mendapat kesempatan berharga untuk menimba ilmu melalui seminar nasional yang akan diakhiri dengan pemberian sertifikat. Fadhiel berharap dengan adanya acara ini, dapat memberikan kontribusi nyata dalam dunia sinematografi di Indonesia pada umumnya dan Banyumas pada khususnya.

Selain itu, ia juga berharap Sun Sinema dapat menjadi wadah bagi para sineas muda untuk menampilkan karya terbaiknya dan tentu saja menginspirasi masyarakat luas.



Sementara itu, Agung Setray mengaku bangga menjadi bagian dari festival film yang pertama dilakukan di Kabupaten Banyumas. Ia berharap dengan adanya festival film ini akan muncul festival film lainnya, karena dengan banyaknya festival film maka peluang Banyumas dilihat secara industri film akan semakin besar.

Agung menyebutkan, selama ini orang dibalik layar film nasional banyak berada di Kabupaten Banyumas, namun untuk industrinya sendiri masih sangat kurang. Untuk itulah, ia berharap acara Year on Sun Sinema dapat menjadi jembatan menuju industri film yang lebih berkembang di Banyumas.