Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Koil Merilis Lagu Anthem Untuk Persib Berjudul Hanya Untuk Menang

GRUP industrial rock asal Bandung, Koil merilis lagu Hanya Untuk Menang pada Sabtu (17/8/2024) lalu sebagai persembahan spesial untuk Persib...

GRUP industrial rock asal Bandung, Koil merilis lagu Hanya Untuk Menang pada Sabtu (17/8/2024) lalu sebagai persembahan spesial untuk Persib Bandung. Lazimnya karya Koil, track Hanya Untuk Menang juga mempunyai ciri khas yang berkelas dengan masih menyemburkan badai riff eksotis yang bersumber dari khazanah musik kencang kegemaran Donnyantoro selaku pencipta lagu sekaligus mesin utama musikal Koil.


Pembeda dan sisi istimewanya, trek ini terdengar otentik dan jejak-jejaknya tidak terdeteksi dari katalog-katalog musik Koil yang pernah ada sebelumnya. Karakteristik aransemen yang tersuguh terdengar lebih benderang, lantang nan menghantam, melodius, dan beraurakan atmosfer pemicu semangat yang super anthemic, lengkap dengan energi bergemuruh dan rancaknya nyala vokal saling bertautan yang membuat bergidik.

Sejak dulu saya pengin sekali bikin lagu yang mudah dinyanyikan oleh banyak orang, meskipun saya pernah melakukannya untuk lagu Aku Rindu dari album Blacklight, namun kali ini pengin dengan kadar dan level yang sedikit berbeda, lebih tepatnya seperti chant fans bola ketika mereka tengah menyaksikan langsung tim kesayangannya berlaga di dalam stadion," kata Donny.

Bobotoh, sebagaimana kita ketahui adalah salah satu supporter bola yang terkenal massif, loyal, dan unik dalam urusan dukung mendukung klub kesayangannya yang berjuluk Maung Bandung itu, termasuk gelegar kekhasan chants yang kerap kali mereka gemakan di setiap laga Persib.

Ia menyebutkan, pada suatu masa tetiba kepalanya seperti disambar petir., sambaran itu lantas menghasilkan pola chanting, nadanya terus terngiang-ngiang dan menempel di kepala. Karenanya ia jadi semakin terpicu untuk membuat lagu dengan gaya seperti chants para fans bola.

Lebih jauh, Donny juga mengaku memiliki hubungan emosional dengan Persib yang secara otomatis membawa rasa sentimental yang menggelora ketika tengah berproses menciptakan lagu Hanya Untuk Menang, salah satunya perihal ingatan pengalaman langsungnya menyaksikan Persib berlaga di dalam stadion bersama dengan ribuan Bobotoh.

Dari berbagai latar pemikiran dan pengalaman, lagu Hanya Untuk Menang semakin nyata perbedaannya dibandingkan dengan lagu-lagu Koil yang pernah dirilis. Corong vokal yang sejatinya milik Otong seorang, kali ini dibagi menjadi 9 vokal utama. Di luar Otong dan 3
personil Koil yang juga ikut bernyanyi, ada 5 vokal tamu yang berbunyi sejajar dan sama keras.